Jumat, 28 Oktober 2011
0 komentar

HIKMAH SUMPAH PEMUDA

  • Hikmah dan Renungan Sumpah Pemuda Bagi Generasi Muda

    Hari ini, 28 Oktober 2010 bangsa Indonesia memperingati hari Sumpah Pemuda. dengan mengingat sumpah pemuda ini, diharapkan bangsa Indonesia benar-benar memahami dan melaksanakan isi dari sumpah pemuda tersebut.
    ISI SUMPAH PEMUDA
    PERTAMA. Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mengakoe Bertoempah Darah Jang Satoe, Tanah Indonesia.
    KEDOEA. Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mengakoe Berbangsa Jang Satoe, Bangsa Indonesia.
    KETIGA. Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mendjoendjoeng Bahasa Persatoean, Bahasa Indonesia.

    Pernyataan di atas adalah kutipan isi dari sumpah pemuda yang dibacakan pada kongres pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928. Dengan semangat tersebut, bangsa kita dapat bersatu dengan semangat kebersamaan sehingga mampu mengusir penjajah dengan jiwa patriotisme.
    Namun kenyataannya, generasi muda sekarang cendrung cuek dengan isi sumpah pemuda tersebut. seperti tidak menggunakan bahasa Indonesia yang baik sebagai bahasa resmi.
    Yang lebih memprihatinkan adalah ketika para pemuda menggunakan bahasa binatang dan jorok dalam pergaulan mereka. bukan hanya pemuda, tapi anak-anakpun sudah mulai meniru apa yang mereka dengar dari orang sekeliling mereka.
    sungguh ini sangat ironis dan memalukan. kalau ini tidak segera diperbaiki, saya khawatir, bahasa Indonesia lama kelamaan akan berubah dan tercoreng di mata dunia.
    Semoga pada sumpah pemuda kali ini ada perhatian khusus dari pemerintah dan seluruh bangsa Indonesia untuk selalu mengawasi dan menegur orang yang tidak menggunakan bahasa yang baik . terutama orang yang menggunakan bahasa binatang dan jorok dalam pergaulan.
    kalau bukan kita yang memperhatikan siapa lagi…

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Toggle Footer
Top